Dalam pembelajaran inkuiri terbimbing, guru memberikan pengarahan dan bimbingan kepada siswa dalam melakukan kegiatan-kegiatan inkuiri. Pada tahap awal pembelajaran, siswa lebih banyak diberikan bimbingan berupa pertanyaan pengarah agar siswa mampu menemukan sendiri arah dan tindakan-tindakan yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah yang disajikan oleh guru.
Tahapan pembelajaran Guided Inquiry dapat digambarkan seperti dibawah ini:

Gambar. Tahapan Model Guided Inquiry
Contoh penerapan guided inquiry pada bidang elektronika, misalnya pada penerapan konsep trouble shooting alat elektronik. Pada penyajian masalah, guru memberikan suatu permasalahan untuk dicari solusinya oleh siswa misalnya sebuah lampu tidak menyala. Pada tahap verifikasi dan pengumpulan data, siswa banyak berperan aktif mencari kemungkinan-kemungkinan yang berkaitan dengan persoalan yang diajukan guru, misalnya kemungkinan 1 lampunya putus, kemungkinan 2 kabelnya tidak terhubung, dan lain-lain. Pada tahap eksperimen dan pengumpulan data, para siswa mulai mempraktekan kemungkinan-kemungkinan yang mereka kumpulkan dengan melakukan pengukuran terhadap tiap bagian tentunya dengan bimbingan dari guru yang bersangkutan. Pada tahap pengoranisasian data, para siswa mulai menyusun dan mencatat hasil yang mereka dapatkan selama pengukuran. Dan tahap terakhir adalah kesimpulan, dimana hasil dari pengukuran tersebut misalnya didapat bahwa saat lampu tidak menyala ternyata kerusakan pada saklarnya yang tidak berfungsi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar