Rabu, 27 April 2011

Joomla!

Apa itu Joomla!?

Joomla! merupakan salah satu aplikasi CMS.

apa itu CMS?

Content Management System (CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS terdiri dari dua elemen:
1. Aplikasi Manajemen Isi (Content Management Application atau CMA)
2. Aplikasi Pengiriman Isi (Content Delivery Application atau CDA)
Elemen CMA memperbolehkan manajer isi yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language), untuk mengatur pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian mendalam mengenai web. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh yang memiliki situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.
Berikut ini beberapa pemanfaatan CMS, antara lain:
1. Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
2. Portal
3. Galeri foto
4. Aplikasi E-Commerce.
5. Mengelola website pribadi / blog.
Salah satu perangkat lunak Content Management System yang dikenal luas yaitu Joomla! dan proyek-proyek sejenis.

Nah, balik lagi ya.. apa itu joomla!?

Joomla sebenernya aplikasi untuk tampilan web. lebih mudah digunakan loh.. pengalaman saya kemaren waktu membuat aplikasi tugas akhir.. sangat terbantu sekali saat pakai Joomla! karena cuma klik-klik saja sudah jadi tampilannya.. ibarat mau bikin tampilan blog di blogspot ini..

saya sebenernya tidak tau apa-apa tentang PHP, Mysql apalagi masalah koneksi database.. hufh pusingggg... tp dengn Joomla! bisa lebih mudah.. karena tak perlu bikin database dan tak perlu membuat koneksi.. cukup ubah tampilan.. masukan artikel... jadi dech...

Hasil tampilan setelah diedit2:



Cobain dech.. Seru ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar