Rabu, 27 April 2011

Berbagi pengalaman.. ^^

Waktu menyusun skripsi, saya dibimbing oleh Pak Prof. Dr. Janulis. P. Purba, M.Pd dan Pak Dr. Enjang. A. Juanda, M.Pd, MT. Judul yang saya ajukan adalah studi perbandingan model pembelajaran.

Dari pengalaman bimbingan selama senyusun skripsi, para pembimbing lebih banyak menitik beratkan pada beberapa hal diantaranya:

- Pak Purba awalnya lebih banyak ke pelaksanaan, seperti persiapan RPP, langkah-langkah pembelajaran dan konsep. selanjutnya membahas bab 4 menitik beratkan kepada hasil dan pembahasan dimana hasil penelitian yang didapat harus disinkronkan dengan landasa teori. contohnya:
"Berdasarkan hasil temuan diatas maka dapat dikatakan bahwa di kedua kelas tersebut mengalami suatu proses belajar, dimana menurut Gagne, dalam buku “The Conditions of Learning” yang dikutip oleh Chalidjah Hasan (1994 : 85), menyatakan bahwa “Belajar terjadi apabila suatu situasi stimulus bersama dengan isi ingatan mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga perbuatannya (performance-nya) berubah dari waktu sebelum ia mengalami situasi tadi”. Hal itu ditandai dengan adanya perbedaan nilai rata-rata kedua pada saat tes awal dan tes akhir. Dimana nilai rata-rata tes awal kelas kontrol dan kelas eksperimen berturut-turut sebesar 60,9 dan 58,9. Dan nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen adalah 85,53 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yang sebesar 81,78."
- Pak enjang lebih banyak ke penulisan, seperti ejaan bahasa indonesia yang baik dan benar, penulisan kutipan, dan tata penulisan (B, I, U). contohnya:

"Johnson, Kast dan Rosenzweig (alih bahasa Pemudji, 1980:4):
Suatu sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks atau terorganisir; suatu himpunan atau perpaduan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan atau keseluruhan yang komplek atau utuh."


itu sedikit pengalaman saya yang bisa saya bagikan selama menyusun skripsi.. mudah-mudahan bermanfaat..

SEMANGAT kawan.. ^^

2 komentar:

  1. waaahhhhh.... pengalaman pribadi... wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. wkwkwkw... kan berbagi pengalaman judulna ge.. :P

    BalasHapus